Langsung ke konten utama

Cerita Lengkap Luis Sera RE4 Remake | Resident Evil 4 Remake Review

Oye! Seruan semangat dari Luis Sera di Resident Evil 4 Remake ini tidak mudah dilupakan. Betapa memang asyik orang ini dan begitu menarik perhatian karena detail karakter yang diberikan oleh Capcom.

Halo, kembali ke sesi berikutnya yang masih membahas karakter-karakter dari game Resident Evil 4 Remake yang mendapatkan remake yang baik selain Leon dan Ashley di sesi sebelumnya. Kali ini mungkin akan lebih berfokus kepada karakter yang sok asyik namun memberikan kesan komedi di dalam game Resident Evil 4 Remake ini, tak lain adalah Luis Sera.

Sebelum itu, game Resident Evil 4 Remake ini adalah game garapan ulang Capcom untuk Resident Evil 4 yang ada di PS 2. Garapan ulang ini tidak hanya 'garapan ulang' yang memperbaiki kualitas grafik dari game-nya, tapi ternyata juga memperbaiki dari sisi karakter-karakter di dalam game dengan lebih jelas. 

Untuk detail umum tentang game Resident Evil 4 Remake ini bisa banget cek di sesi postingan sebelumnya atau klik di sini

Luis Sera dengan Tombaknya.

Luis Sera adalah karakter fiktif dari game Resident Evil 4 di original maupun remake yang baru saja rilis tanggal 24 Maret 2023 lalu. Luis Sera digambarkan sebagai peran pembantu protagonis, Leon, dalam menyelamatkan Ashley dan juga berperan memberikan penawar dan menyingkirkan plaga di dalam diri Leon dan Ashley. Sesekali juga, Luis Sera muncul di dalam game membantu kedua kabur dari kejaran para penduduk desa atau villagers. Hanya saja, Luis Sera berakhir tragis karena meninggal sebelum berhasil menuntaskan pekerjaannya.

Luis Sera, atau bernama lengkap Luis Sera Navarro, adalah orang asli Spanyol yang sangat jenius. Latar belakang Luis Sera sejak RE4 original sudah dijelaskan bahwa dia memang asli dari desa Los Iluminados namun dia berhasil keluar dari desanya untuk menempuh pendidikan. Sejak kecil, Luis Sera tinggal bersama kakeknya yang adalah seorang pemburu. Ibunya meninggal sejak melahirkan dia dan tidak ada kabar mengenai ayahnya di mana. Sejak kakeknya meninggal, Luis Sera besar dan dirawat oleh kepala desa Mendez sebagai pesan terakhir kakeknya. Setelah tumbuh besar, Luis Sera menjadi orang yang sangat jenius. Menurut data-data yang dikirim oleh Hunnigan, dia menjadi salah satu ilmuan di Umbrella, namun dia berhenti dan menghilang begitu saja. Tidak ada catatan setelahnya, apalagi ketika antek-antek Umbrella dibersihkan, dia adalah salah satu orang yang tidak bisa ditemukan.

Tidak lepas dari kegiatan penelitian akan perkembangan senjata biologis, Luis Sera kembali ke kampung halamannya dan membantu Sadler untuk meneliti sebuah parasit bernama Las Plagas di dekat desa itu. Dalam penelitiannya, dia juga menyuntikan dirinya sendiri dengan parasit tersebut dengan tipe dominan, di mana dia bisa mengontrol parasit itu dan juga parasit lainnya. Seiring berjalannya waktu, Luis mendapatkan temuan bagus yang disebut sebagai amber, karena dia menemukan Las Plagas tipe dominan yang muncul secara alami (tanpa ada eksperimen) yang mengkristal berwarna seperti amber. Dia berspekulasi bahwa parasit ini bisa saja lebih kuat dan mampu menyaingi parasit di dalam tubuh Sadler. Namun sayang, parasit amber itu disita oleh Sadler sebelum dia mampu menelitinya lebih jauh.

Luis Sera langsung mencari orang-orang di luar untuk membantunya kabur dari fasilitas itu termasuk jauh dari Sadler dan mengambil sample dari amber tersebut dari tangan Sadler. Tidak beruntungnya, dia berkomunikasi dengan Albert Wesker yang akhirnya mengirimkan Ada Wong untuk membantunya. 

Sejak kedatangan Leon di desa itu untuk mencari Ashley, Leon menemukan Luis diikat dan dikarung di basement rumahnya sendiri. Leon menyelamatkannya namun dia berakhir tidak sadarkan diri karena kepala desa Mendez berhasil tiba di sana. Leon dan Luis berakhir terikat bersama di sebuah rumah dan terjadi perkelahian kecil di antara mereka. Luis menjadi tahu bahwa kedatangan Leon ke tempat itu adalah untuk menyelamatkan seorang gadis yang diculik dan disekap di dalam gereja. Luis berhasil kabur dan meninggalkan Leon sendirian di sana.


Luis muncul lagi di versi remake-nya, saat Leon dan Ashley kabur dari kejaran para villagers. Luis memberikan mereka tempat bersembunyi sementara, setidaknya mereka bisa bernafas sebentar. Tak lama kemudian, Leon dan Luis harus bertahan dari kepungan para villagers yang masuk ke tempat persembunyian itu. Beruntungnya, Ashley menemukan jalan keluar dan mereka bertiga dapat kabur dari kepungan itu.

Terdapat cutscene dalam game di mana Luis Sera mengkonfirmasi atas adanya parasit plaga di dalam tubuh Ashley dan Leon. Dia memberitahu mereka bahwa dia memiliki jalan keluar dari permasalahan tersebut seperti yang dilakukannya pada tubuhnya. Namun dia harus pergi untuk mengurus hal lain dulu. Sepertinya, urusan lain tersebut adalah bertemu dengan Ada Wong yang menunggunya-kurasa dia lebih menunggu amber yang dijanjikan. Dan sejak itu, Luis dan Ada membuat kesepakatan.
Well, kesepakatan Luis dan Ada tidak secara gamblang dijelaskan di dalam game versi remake, namun ini hanyalah spekulasi pribadi di mana mereka pasti membuat kesepakatan tersendiri. Luis ingin mengambil obat untuk menahan pertumbuhan parasit plaga di dalam tubuh Ashley dan Leon, sekaligus menghancurkan parasit plaga itu di dalam tubuh mereka dengan pergi ke labolatoriumnya. Ada hal yang selalu dikatakan Luis ketika dia ditanya apa niatnya melakukan itu semua. Dia hanya menjawab bahwa dia ingin merasa lebih baik. Kurasa, merasa lebih baik yang dimaksudnya adalah karena temuannya sendiri yang membawa dampak mengerikan ke kampung halamannya sendiri. Mungkin masih ada alasan lain, tapi Luis ini memang memiliki hati yang amat baik.

Meskipun baik, dia memiliki humor yang konyol. Dari perjalanan dari game ini, percakapannya dengan Leon dapat mencairkan suasana tegang saat bermain game ini. Ini juga berlaku untuk penonton ya, termasuk aku yang hanya menonton, karena keberadaan Luis ini memang komedi jatuhnya.

Luis menyuruh Leon untuk menemuinya di kastil, tapi tempatnya selalu berpindah-pindah. Mulai dari ruangan dekat kebun labirin, di ball room, dan akhirnya Leon menemukannya setelah dia berhasil keluar dari bawah tanah dan berhasil mengalahkan Verdugo. Dan di waktu itulah, Luis memberikan obat untuk menahan perkembangan parasit plaga itu di dalam tubuh Leon. Sayangnya, Ashley harus menunggu karena dia diculik lagi oleh Krauser.


Perjalanan mereka berdua pun terjadi. Merekalah titik komedi di dalam game ini dengan ditunjukan kerja sama antara Leon dan Luis. Percakapan mereka memang yang membuat Resident Evil 4 Remake yang penuh kesuraman menjadi berwarna, meski tetap tegang karena challenge  di game tersebut juga tidak semudah yang dibayangkan. Di akhir perjalanan mereka, Luis harus terkapar karena tertusuk pisau Krauser yang sudah menunggunya. Luis harus meninggal dunia sebelum dia berhasil menceritakan kisahnya kepada Leon.

Meskipun sudah meninggal, peran Luis ternyata masih berjalan selama di dalam permainan. Setelah kematiannya, Ada menjadi lebih sering muncul dan perannya seperti menggantikan Luis yaitu membantu Leon. Sebenarnya, saat Luis masih hidup pun, Ada memang membantu Leon tapi kali ini Ada berperan lebih banyak. Menurutku, ada kesepakan antara Luis dan Ada di sini di mana Ada harus mengawasi Leon dan Ashley kalau dia mau amber. Karena secara tidak langsung, Leon pasti akan membawa Ada untuk mendapatkan amber itu. Di sisi lain, mungkin saja tidak ada kesepakatan itu dan Ada berjalan sendiri dan melihat peluang itu sendiri. Tapi, aku lebih suka dengan kesepakatan itu benaran ada sih.
Peran Luis yang digantikan Ada sekarang sudah dijelaskan. Peran Luis yang lain adalah membantu mereka dalam menghancurkan parasit plaga itu di dalam tubuh Leon dan Ashley. Berkat itu, Leon dan Ashley tidak bisa terpengaruh lagi oleh Sadler. Sejak Leon dan Ashley berhasil tiba di labolatorium Luis, Leon menemukan banyak dokumen tentang Luis dan hasil dari penelitian Luis. Dari sinilah baru kita tahu bagaimana Luis itu bisa menjadi ilmuan Umbrella dan bagaimana dia bisa menghilang begitu saja. Tergambar sekali bahwa karakter Luis Sera ini ada tidak semena-mena dibuat untuk membantu karakter-karakter utama di dalam game, tapi juga memiliki ceritanya sendiri dan tujuannya sendiri.

Itulah cerita lengkap Luis Sera dari game Resident Evil 4 Remake. Aku sangat suka dengan karakter Luis Sera ini karena pembentukan karakter dan cerita latar belakangnya yang dibuat sehingga karakternya tidak hanya hampa. Seperti yang sudah dijelaskan, karakter Luis Sera ini sangat memberikan warna di game Resident Evil 4 Remake. Ini menunjukan bahwa Capcom benar-benar menggarap ulang game ini dengan baik. Garapan ulang untuk memberikan detail ke Luis Sera ini sangat memberikan poin plus untuk game ini.


Untuk meneruskan Resident Evil 4 Remake, please visit the next post!

The pictures of Resident Evil 4 Remake are taken from Resident Evil 4 Remake Trailer on YouTube:

Trailer 3

Trailer 2

Short Trailer


Aku nonton gameplay Resident Evil 4 Remake di:

RESILOREID (Indonesia & tamat dalam satu playlist)

Shirrako (semua cutscenes di game)

Shirrako (full gameplay durasi 9+ jam)


Jangan lupa untuk baca next part nya.

Thanks.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menonton Urutan Danganronpa Anime Series dengan Benar

Halo minna-san tachi… Di sini aku mau bahas anime yang aku tonton baru-baru ini. Sebenarnya memang sudah lama keluar tapi aku mengurungkan niat tidak menonton karena awal dari animenya membingungkan. Tapi, saat menontonnya lagi dengan cara yang benar, akhirnya aku paham alur ceritanya dan menarik perhatianku. Danganronpa 2 the animation, yang diambil dari serial game dan light novel, adalah anime keluaran tahun sekitar 2014. Itu adalah anime season 1 yang entah bagaimana ditulis 2. Aku ingat pertama kali menonton anime ini saat aku masih SMA dan aku langsung suka dengan animenya karena menurutku konflik yang diberikan cukup unik dan menantang. Bagaimana tidak? Kau terkurung di sebuah sekolah dan disuruh untuk membunuh teman-temanmu agar kau bisa lulus? Otak dalang ini emang gila bagi yang merasa kalian normal, namun di sinilah sisi menariknya. Anime ini memberikan kesan misteri yang perlu dipecahkan secara perlahan-lahan. Tidak hanya kasus pembunuhan yang terjadi, namun juga

Terkesan dengan Kata-kata

Yosh... aku mulai sekarang... (pembaca bingung?) well, akhir-akhir ini aku lebih sering nonton film, ngetik, baca, ngetik, dengerin musik sambil ngetik, dan yang paling parah adalah aku selalu ngimpiin hal yang aneh saat aku tidur. tapi apa manfaatnya? jawabnya adalah BANYAK! semuanya jika dikumpulkan jadi satu, um... jadi sebuah cerita yang indah dan tidak pernah ada.... semuanya itu sungguh luar biasa. aku selalu mendapatkan inspirasi dari satu kalimat atau lebih yang terdiri dari kata-kata yang indah. biasanya hal yang berbau romantis atau hal yang tidak pernah kudengar sebelumnya. contoh  : "Aku tahu kamu sudah memiliki seorang pangeran, tapi apakah kamu tidak memerlukan seorang kesatria?" -kutipan dari novel Vampire Diaries The Return: Midnight, Damon Salvatore to Elena Gilbert- katanya sih, dia ngomong gitu karena kisah tentang seorang ratu yang egois mencintai dua orang sekaligus, yaitu rajanya dan kesatrianya. bisa diartikan (jika kalian tahu cerita Vampire Diarie

Daftar Pemenang Festival Film Bandung

Kategori Film Terpuji 1. TANAH SURGA KATANYA 2. HABIBIE & AINUN 3. GENDING SRIWIJAYA 4. 9 SUMMERS 10 AUTUMS 5. 5 CM   ( Winner ) Kategori Pemeran Utama Pria Terpuji 1. Vino G. Bastian dalam MADRE 2. Agus Kuncoro dalam GENDING SRIWIJAYA 3.  Reza Rahadian  dalam HABIBIE & AINUN   ( Winner ) 4. Tio Pakusadewo dalam RAYYA CAHAYA DI ATAS CAHAYA 5. Adipati Dolken dalam SANG MARTIR Kategori Pemeran Utama Wanita Terpuji 1.  Julia Perez  dalam GENDING SRIWIJAYA  ( Winner ) 2.  Bunga Citra Lestari  dalam HABIBIE & AINUN 3. Lana Nitibaskara dalam AMBILKAN BULAN 4.  Acha Septriasa  dalam TEST PACK  ( Winner ) 5. Laura Basuki dalam MADRE 6. Agni Prastistha dalam CINTA TAPI BEDA Kategori Pemeran Pembantu Pria Terpuji 1. Igor Saykoji dalam 5CM 2. Fuad Idris dalam TANAH SURGA KATANYA 3. Alex Komang dalam  9 SUMMERS 10 AUTUMNS  ( Winner ) 4. Mathias Muchus dalam GENDING SRIWIJAYA 5.  Reza Rahadian  dalam PERAHU KERTAS Kategori Pemeran Pembantu Wanita Terpuji