Langsung ke konten utama

Cara Menonton Urutan Danganronpa Anime Series dengan Benar


Halo minna-san tachi…
Di sini aku mau bahas anime yang aku tonton baru-baru ini. Sebenarnya memang sudah lama keluar tapi aku mengurungkan niat tidak menonton karena awal dari animenya membingungkan. Tapi, saat menontonnya lagi dengan cara yang benar, akhirnya aku paham alur ceritanya dan menarik perhatianku.

Danganronpa 2 the animation, yang diambil dari serial game dan light novel, adalah anime keluaran tahun sekitar 2014. Itu adalah anime season 1 yang entah bagaimana ditulis 2. Aku ingat pertama kali menonton anime ini saat aku masih SMA dan aku langsung suka dengan animenya karena menurutku konflik yang diberikan cukup unik dan menantang. Bagaimana tidak? Kau terkurung di sebuah sekolah dan disuruh untuk membunuh teman-temanmu agar kau bisa lulus? Otak dalang ini emang gila bagi yang merasa kalian normal, namun di sinilah sisi menariknya. Anime ini memberikan kesan misteri yang perlu dipecahkan secara perlahan-lahan. Tidak hanya kasus pembunuhan yang terjadi, namun juga misteri sekolah yang bagi ke lima belas murid itu tidak diketahui.


Dua tahun kemudian liris anime season 2 yang muncul bersamaan. Ada dua versi dari tiap anime di sini: versi dari keputusasaan (zetsubou-hen) dan versi dari harapan (mirai-hen). Kedua versi ini sama-sama menceritakan tentang mantan murid-murid super di sebuah sekolah elit. Versi yang pertama menceritakan tentang masa lalu di mana mengupas kejadian terror dari keputusasaan yang paling besar. Jadi akan diceritakan tentang sebelum terror itu terjadi dan bagaimana terror itu bisa terjadi. Sedangkan versi ke dua, lebih menceritakan masa depan yang tokoh utama kita, sang super harapan, Naegi Makoto, sudah lebih tua dan mengikuti grup Fondasi Masa Depan (yang membawa harapan kepada manusia tersisa dan memberantas zetsubou). Dari penjelasan singkat ini pasti jelas bagaimana urutan alur yang tepat dalam serial anime ini bukan?


Terjadi alur mundur saat anime season 2 ini di mulai dan akhirnya kembali menjadi alur maju. Dan yang terbaik dalam mengurutkan alur ceritanya adalah dengan melihat anime season 2 versi pertama, anime season 1, dan yang terakhir season 2 versi 2. Itu adalah alur yang benar dalam cerita ini. Lalu baagaimana dengan urutan nonton yang benar?

Pertama-tama, di sini merupakan opini aku ya…



Yang paling enak ditonton pertama adalah Danganronpa 2 the Animation. Alasannya jelas, karena di sinilah sumber-sumber pertanyaan tentang apa yang telah terjadi dengan dunia di anime ini. Kita akan diberitahu secara perlahan-lahan apa saja tantangan yang ada, dan misteri-misteri yang belum terpecahkan. Dan anime ini akan memberikan opening yang bagus untuk anime season selanjutnya, karena kita diberi beberapa hal di dalam cerita di anime season pertama ini.



Untuk season 2 ini, yang perlu ditonton pertama adalah versi 1 dahulu. Karena bagiku, jika menonton versi 2 dulu akan menjadi bingung karena banyak tokoh-tokoh baru yang belum dikenal. Untuk versi pertama, memang isinya tokoh-tokoh baru yang tidak dikenal sama sekali. Tetapi, pada versi ini memberikan gambaran kepada kita tentang apa yang menyebabkan terror keputusasaan terbesar yang telah terjadi dengan dunia. Tokoh-tokoh baru ini-lah yang menjadi virus yang menyebarkan keputusasaan kepada dunia. Lalu bagaimana dengan Junko? Dia hanyalah sumber dari virus itu yang dia sebar kepada satu kelas kakak kelasnya hingga menjadi terror yang sangat besar.



Untuk versi dua, diceritakan di masa depan di mana para ketua pada tiap cabang Fondasi Masa Depan berkumpul untuk membahas penghianatan oleh Naegi. Kok bisa? Itu dikarenakan karena Naegi menyembunyikan para zetsubou itu di suatu tempat dan entah diapain (di sinilah plot hole yang tidak kumengerti). Namun naas ya… dari semua petinggi yang hadir, mereka semuanya terjebak di ruang rapat tersebut dan permainan pun terjadi. Tentu saja, beruang kita, Monokuma, muncul di sini dan memberikan aturan bermainnya. Di sinilah alur dan premisnya sama dengan season 1, kisah mereka untuk bertahan hidup dan pasti ada saling bunuh-membunuh. Namun, di sini muncul sesuatu yang begitu berbeda dari season 1, apakah itu? Nonton sendiri ya!



Komentar

  1. Bisa gk font nya gk ush lebay ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kowkaokawk numpang ngukuk

      Hapus
    2. Makasih kritiknya kakak... Ya nih, aku ganti font nya! Agree krn emg susah dibaca haha...
      Maaf, krn blog lama... Zaman masih anak alay2nya xD dan blm sempet edit tampilan blog

      Hapus
  2. Mohon maaf ni gajadi baca font kaga jelas

    BalasHapus
  3. Bagus nih, gak ribet

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Maaf ya... Untuk game nya aku gak ikutin bagaimana. Jujur aja aku gak tahu bentuk game nya seperti ini. Saranku, kamu bisa buka wiki fandom Danganronpa untuk informasi lebih lanjut.

      Hapus
    2. Danganronpa kirigiri(light novel)
      Danganronpa 3: The End of Hope’s Peak High School – Despair Arc (Anime)
      Danganronpa Zero (Light Novel)
      Danganronpa: Trigger Happy Havoc (Visual Novel) / Danganronpa: The Animation (Anime)
      Danganronpa 2: Goodbye Despair
      Danganronpa Another Episode: Ultra Despair Girls (Game)
      Danganronpa 3: The End of Hope’s Peak High School – Future Arc (Anime)
      Danganronpa V3: Killing Harmony (Visual Novel)

      Hapus
  5. Berarti yng zetsubou hen dulu baru mirai hen?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... Yg zetsubou hen dulu karena menceritakan bener2 paling awal gmn insiden di anime terjadi, Kak. Baru yg mirai hen -> buat mengakhiri insiden itu.

      Hapus
  6. thank you. ngebantu bgttt soalnya bingung urutan nontonnya kayak mana :))

    BalasHapus
  7. Wah makasih loh.... kebantu banget aku kak! Baru nonton tadi sih jadi bingung.... karna ga ada tulisan season nya yg urut, sekarang aku ngerti deh.. makasih ya kak!

    BalasHapus
  8. makasi kak, aku cukup terbantu
    aku udah nonton zetsubou/despair, tapi ujungnya langsung harus ke hope bukan ke mirai/future, keknya harus mirai dulu deh kak sbenernya, tapi kalo emg ngebet banget pengen tau asal usul gpp XD ini saran dariku aja hehe

    s2 adanya game, bisa liat gameplaynya kok
    ini saran urutan dari aku
    - s1
    - s2 (gameplay)
    - ultra despair girl (gameplay)
    - s3 mirai/future
    - s3 zetsubou/despair
    - hope (1 eps doang)

    semoga membantu ^^

    - Lal

    BalasHapus
  9. Wahh terima kasih kak aku jadi tau urutan nontonnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terkesan dengan Kata-kata

Yosh... aku mulai sekarang... (pembaca bingung?) well, akhir-akhir ini aku lebih sering nonton film, ngetik, baca, ngetik, dengerin musik sambil ngetik, dan yang paling parah adalah aku selalu ngimpiin hal yang aneh saat aku tidur. tapi apa manfaatnya? jawabnya adalah BANYAK! semuanya jika dikumpulkan jadi satu, um... jadi sebuah cerita yang indah dan tidak pernah ada.... semuanya itu sungguh luar biasa. aku selalu mendapatkan inspirasi dari satu kalimat atau lebih yang terdiri dari kata-kata yang indah. biasanya hal yang berbau romantis atau hal yang tidak pernah kudengar sebelumnya. contoh  : "Aku tahu kamu sudah memiliki seorang pangeran, tapi apakah kamu tidak memerlukan seorang kesatria?" -kutipan dari novel Vampire Diaries The Return: Midnight, Damon Salvatore to Elena Gilbert- katanya sih, dia ngomong gitu karena kisah tentang seorang ratu yang egois mencintai dua orang sekaligus, yaitu rajanya dan kesatrianya. bisa diartikan (jika kalian tahu cerita Vampire Diarie

Daftar Pemenang Festival Film Bandung

Kategori Film Terpuji 1. TANAH SURGA KATANYA 2. HABIBIE & AINUN 3. GENDING SRIWIJAYA 4. 9 SUMMERS 10 AUTUMS 5. 5 CM   ( Winner ) Kategori Pemeran Utama Pria Terpuji 1. Vino G. Bastian dalam MADRE 2. Agus Kuncoro dalam GENDING SRIWIJAYA 3.  Reza Rahadian  dalam HABIBIE & AINUN   ( Winner ) 4. Tio Pakusadewo dalam RAYYA CAHAYA DI ATAS CAHAYA 5. Adipati Dolken dalam SANG MARTIR Kategori Pemeran Utama Wanita Terpuji 1.  Julia Perez  dalam GENDING SRIWIJAYA  ( Winner ) 2.  Bunga Citra Lestari  dalam HABIBIE & AINUN 3. Lana Nitibaskara dalam AMBILKAN BULAN 4.  Acha Septriasa  dalam TEST PACK  ( Winner ) 5. Laura Basuki dalam MADRE 6. Agni Prastistha dalam CINTA TAPI BEDA Kategori Pemeran Pembantu Pria Terpuji 1. Igor Saykoji dalam 5CM 2. Fuad Idris dalam TANAH SURGA KATANYA 3. Alex Komang dalam  9 SUMMERS 10 AUTUMNS  ( Winner ) 4. Mathias Muchus dalam GENDING SRIWIJAYA 5.  Reza Rahadian  dalam PERAHU KERTAS Kategori Pemeran Pembantu Wanita Terpuji