Langsung ke konten utama

Kursi Berisi Roh Mas-mas Ganteng?? Review Film Anime Suzume

Suzume adalah anime movie yang diproduksi oleh studio CoMix Wave Film yang ternyata sama-sama membuat anime movie lain seperti 5cm per Second, Kimi no Na Wa, dan Tenki no Ko. Mendengar anime movie garapan studio tersebut, pastinya sudah bisa ditebak banget bagaimana anime movie ini ditampilkan di layar kaca dan ekspetasi pastinya tidak mungkin main-main ya.

Suzume Poster

Disclaimer: ini mengandung spoiler.

Ekspetasi memang pantas tinggi melihat tinggi rating anime ini di beberapa situs. Suzume mendapatkan rating lumayan tinggi di situs My Anime List, yaitu 8.6/10, tidak kalah dengan audience rating summary di Google yang menunjukan 4.8/5. Di situs IMDb, Suzume mendapatkan rating lumayan tinggi, yaitu 7.7. Lalu di situ KINCIR.com, Suzume mendapatkan rating hampir sempurna, yaitu 9/10, yang ternyata hampir menyamai Rotten Tomatoes yang memberikan rating 93%.


Suzume Trailer


Suzume menceritakan seorang gadis remaja bernama Suzume, sama seperti judulnya, yang tiba-tiba harus berpetualangan demi tugas yang sangat penting. Tugas penting itu adalah menyelamatkan dunia, lebih tepatnya Jepang, dari gempa bumi dasyat yang diakibatkan oleh cacing raksasa penghuni dunia bawah alias dunia untuk orang mati. Tugas besar ini secara tidak sengaja diterima oleh Suzume setelah dia bertemu dengan pria muda tampan (komentar dari Suzume) yang menanyai tentang runtuhan. Di kota tempat tinggalnya, ternyata terdapat reruntuhan di balik gunung dan memiliki sebuah pintu misterius. Karena pintu misterius itu, Suzume menjadi terlibat dengan misi pria muda (bernama Souta Munakata) itu untuk menutup pintu dengan kunci khusus yang selalu dikalungnya. Misi itu menjadi makin rumit ketika Souta menjadi sebuah kursi dengan tiga kaki. Suzume mengikuti perjalanan Souta yang berbentuk kursi itu untuk menggantikan Souta menutup dan mengunci pintu yang terbuka.


Sekilas cerita dari Suzume, bisa dikatakan kalau cerita ini sangatlah menarik. Aku bisa bilang kalau ini adalah paket komplit dari sebuah anime movie, seperti anime movie yang sebelumnya, yang menyajikan berbagai humor, petualangan, trend, drama, romansa, dan pesan.

Humor yang disajikan di dalam filmnya begitu renyah dengan humor-humor sederhana terjadi di dalam kehidupan dan ada juga humor yang membuat tertawa karena tidak masuk akalnya. Yang paling aku suka adalah bagaimana Suzume mendapatkan informasi ke mana kucing segel itu pergi. Suzume harus terus-terusan melihat ke ponselnya untuk memantau kucing itu pergi dari postingan orang-orang di sosial media. Lalu, gelagat dari mas-mas kursi ini juga begitu lucu ketika mengejar si kucing, entah dia belum terbiasa jadi kursi ataupun saat dia harus berpura-pura menjadi kursi agar tidak ada orang lain yang lihat. Dan sejujurnya, banyak humor-humor renyah lainnya, tidak berlebihan dan begitu ringan untuk hiburan semata.

Humor yang ringan ini dipadukan dengan trend ponsel dan media sosial yang menjadi sebuah alat penting bagi karakter utama ini menemukan jalannya petualangannya. Ini seperti menggambarkan orang-orang sekarang yang suka melakukan travelling karena melihat postingan orang lain sedang di suatu tempat untuk liburan ataupun bersenang-senang. Hanya saja. Suzume memiliki tujuannya sendiri yang berbeda, hehe...

Drama yang ditunjukan juga kuat. Bahkan drama ini tidak lepas dari perkembangan karakter dari Suzume dan karakter-karakter di sekitarnya. Semua karakter terhubung seperti benang merah yang membawa Suzume ke masa depannya. Dari sebuah perasaan Suzume yang selalu terpendam, dia akhirnya bisa melepaskannya dengan sebuah pertualangan dan berhasil menghadapi masa depannya yang tidak pernah dia duga.

Romansa yang ditunjukan tidak sekuat itu. Hanya sebatas perasaan suka karena bertemu dengan seseorang yang dikagumi. Teringat dengan kisah romansa Princess yang sering didengar, bahwa diperlukan sebuah kecupan dari cinta sejati yang bisa menghancurkan kutukan *ehem! Di sini direalisasikan di dalam benar anak SMA yang sedang jatuh cinta dengan seorang stranger

Entah mengapa aku berpikir bahwa anak-anak SMA ini memang sangatlah sederhana.

Pesan yang disampaikan di film ini juga begitu kuat. Selain yang disebutkan di atas, pesan yang paling kena di aku adalah ketika Suzume mengingatkan pada dirinya yang kecil untuk tidak takut dengan masa depan. Apapun yang ada di depan yang menurutnya perlu diperjuangkan harus diraih dengan perjuangan apapun. Suzume mungkin memang karakter yang masih muda dan naif. Tapi, itu menunjukan sebuah semangat juang akan kehidupannya yang makin berwarna.

Secara teknik, CoMix Wave Film selalu muncul dengan grafik animasi yang sangat memanjakan mata. Selain karena grafik animasinya, latar belakang musiknya juga tidak kalah. Aku selalu suka ocestra dari RADWIMPS yang selalu menyentuh hati. Lagu-lagu dari RADWIMPS selalu setia menemani setiap atmosfer yang ada di film sehingga makin menyentuh.


Dengan semua yang telah disampaikan, kira-kira Suzume pantas dapat rating berapa?

Personally, I would like to score 8/10.

Buat aku, cerita Suzume sangat enak untuk diikuti. Petualangannya tidak bosen untuk terus dinantikan dan bagaimana ending dari film ini. Apalagi, aku sontak kaget di bioskop ketika para penonton yang lain memberikan apresiasi tepuk tangan meriah di credit scene film-nya. Namun sayangnya, aku merasa bahwa film ini masih kalah dengan Kimi no Na Wa yang lebih menggemparkan pada waktu itu.

Thanks.


The pictures of Suzume are taken from two Suzume trailers on YouTube:

https://www.youtube.com/watch?v=5pTcio2hTSw

https://www.youtube.com/watch?v=Va93_hokOkk

Please click to check.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menonton Urutan Danganronpa Anime Series dengan Benar

Halo minna-san tachi… Di sini aku mau bahas anime yang aku tonton baru-baru ini. Sebenarnya memang sudah lama keluar tapi aku mengurungkan niat tidak menonton karena awal dari animenya membingungkan. Tapi, saat menontonnya lagi dengan cara yang benar, akhirnya aku paham alur ceritanya dan menarik perhatianku. Danganronpa 2 the animation, yang diambil dari serial game dan light novel, adalah anime keluaran tahun sekitar 2014. Itu adalah anime season 1 yang entah bagaimana ditulis 2. Aku ingat pertama kali menonton anime ini saat aku masih SMA dan aku langsung suka dengan animenya karena menurutku konflik yang diberikan cukup unik dan menantang. Bagaimana tidak? Kau terkurung di sebuah sekolah dan disuruh untuk membunuh teman-temanmu agar kau bisa lulus? Otak dalang ini emang gila bagi yang merasa kalian normal, namun di sinilah sisi menariknya. Anime ini memberikan kesan misteri yang perlu dipecahkan secara perlahan-lahan. Tidak hanya kasus pembunuhan yang terjadi, namun juga

Terkesan dengan Kata-kata

Yosh... aku mulai sekarang... (pembaca bingung?) well, akhir-akhir ini aku lebih sering nonton film, ngetik, baca, ngetik, dengerin musik sambil ngetik, dan yang paling parah adalah aku selalu ngimpiin hal yang aneh saat aku tidur. tapi apa manfaatnya? jawabnya adalah BANYAK! semuanya jika dikumpulkan jadi satu, um... jadi sebuah cerita yang indah dan tidak pernah ada.... semuanya itu sungguh luar biasa. aku selalu mendapatkan inspirasi dari satu kalimat atau lebih yang terdiri dari kata-kata yang indah. biasanya hal yang berbau romantis atau hal yang tidak pernah kudengar sebelumnya. contoh  : "Aku tahu kamu sudah memiliki seorang pangeran, tapi apakah kamu tidak memerlukan seorang kesatria?" -kutipan dari novel Vampire Diaries The Return: Midnight, Damon Salvatore to Elena Gilbert- katanya sih, dia ngomong gitu karena kisah tentang seorang ratu yang egois mencintai dua orang sekaligus, yaitu rajanya dan kesatrianya. bisa diartikan (jika kalian tahu cerita Vampire Diarie

Daftar Pemenang Festival Film Bandung

Kategori Film Terpuji 1. TANAH SURGA KATANYA 2. HABIBIE & AINUN 3. GENDING SRIWIJAYA 4. 9 SUMMERS 10 AUTUMS 5. 5 CM   ( Winner ) Kategori Pemeran Utama Pria Terpuji 1. Vino G. Bastian dalam MADRE 2. Agus Kuncoro dalam GENDING SRIWIJAYA 3.  Reza Rahadian  dalam HABIBIE & AINUN   ( Winner ) 4. Tio Pakusadewo dalam RAYYA CAHAYA DI ATAS CAHAYA 5. Adipati Dolken dalam SANG MARTIR Kategori Pemeran Utama Wanita Terpuji 1.  Julia Perez  dalam GENDING SRIWIJAYA  ( Winner ) 2.  Bunga Citra Lestari  dalam HABIBIE & AINUN 3. Lana Nitibaskara dalam AMBILKAN BULAN 4.  Acha Septriasa  dalam TEST PACK  ( Winner ) 5. Laura Basuki dalam MADRE 6. Agni Prastistha dalam CINTA TAPI BEDA Kategori Pemeran Pembantu Pria Terpuji 1. Igor Saykoji dalam 5CM 2. Fuad Idris dalam TANAH SURGA KATANYA 3. Alex Komang dalam  9 SUMMERS 10 AUTUMNS  ( Winner ) 4. Mathias Muchus dalam GENDING SRIWIJAYA 5.  Reza Rahadian  dalam PERAHU KERTAS Kategori Pemeran Pembantu Wanita Terpuji