Langsung ke konten utama

Alicia's Diaries

September 2082
Kebenarannya masih belum terungkap jika aku tidak berjuang untuk mendapatkannya. Lebih dan lebih, itu yang mau sampai puas. Tapi aku masih belum puas, akan sesuatu yang sangat penting.
Sejumlah memori yang menyimpan kenangan yang berharga itu ternyata hilang seperti dihapus permanen. Aku juga tidak pernah menyangka hal itu bisa terjadi, apalagi itu semuanya menghilang...
Aku mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi lewat mimpi, ehm... aku memiliki kemampuan untuk melihat mimpi orang dan masuk ke dalamnya, bisa dibilang ini indra keenam atau kekuatan yang tidak bisa semua orang punya, tapi aku punya ini untuk melihat di balik kegelapan.
Bertahun lamanya, lebih dari dekade aku penasaran mengapa ini berubah dengan cepatnya. Ternyata itu karena hilangnya kenangannya bersamaku. Itu adalah masalah utamanya karena aku tidak tahu apapun, dan dia juga selalu diam. Di balik semua kebisuannya, ternyata dia sedang sedih.
Dia sedih karena tidak bisa mengingat segalanya sehingga membuatnya menjadi sangat gila. Aku saja tidak menyadari betapa depresinya dia, dan aku sangat menyesal.
Kami sudah menikah, tujuh belas tahun yang lalu. Dan karena pernikahan yang suci itu kami memiliki seorang anak, dan sebelum pernikahan itu kami sudah dikaruniai tiga orang anak. Vania dan Kevin, mereka kembar dan yang pertama kulahirkan. Kemudian ada Kaleo yang sekarang sudah meninggal. Lalu yang terakhir adalah Kelly, anak perempuanku yang paling beruntung daripada kakak-kakaknya. Bagaimana cara menerangkannya ya... mungkin lebih mudah jika aku katakan bahwa ketiga anak tertuaku tidak pernah merasakan kasih sayang dari seorang ayah. Hanya Kelly yang beruntung datang ke dunia ini setelah aku menikah secara resmi dengan ayahnya, itu saja terpaksa karena kakak perempuanku yang menyebalkan. Dan masalah itu sangat rumit tapi hanya sebuah keajaiban membuat itu terselesaikan dengan mudahnya.
Sekarang Kelly berumur tujuh belas tahun dan dia sendirian di dalam rumah. Peraturan ketat membuatnya harus bertahan di rumah sampai ada waktu untuk keluar. Aku tahu dia merasa seperti dikurung (seperti ayahnya dulu) tapi dia tahu juga kalau peraturan tidak boleh dilanggar. Dia memang anak yang pandai.
Tidak kusangka waktu berjalan dengan sangat cepat sampai anak terakhirku sudah hampir lulus sekolah akhirnya. Selain itu, kudengan Vania dan Kevin akan segera menikah. Jika waktu masih mengijinkan aku untuk terus berada di bumi, aku sudah menjadi seorang nenek.
Tapi secara tidak langsung aku memang sudah menjadi seorang nenek. Umurku sudah 85 tahun, tapi jangan salah, aku masih terlihat muda seperti berumur dua puluh dua tahun. Suatu keserahan manusia bisa membuatku seperti ini, walaupun aku tidak suka tapi terpaksa. Hanya satu yang kusyukuri mengapa aku masih bisa hidup, masih kuat, dan masih muda sekarang. Ya, aku bersyukur bahwa aku bisa bersama seseorang yang sangat aku cintai. Kami sering berpisah karena berbagai masalah, dan semuanya itu sudah menjadi kenangan saja. Kami sudah berbahagia sekarang.
Tapi, masalah utamanya sekarang adalah kenangan yang hilang itu. Aku tahu betapa pentingnya ingatan itu baginya, dan sejujurnya aku tidak memerlukan itu darinya. Tapi dia adalah sosok yang ingin menunjukan kesungguhannya kepadaku (terkadang itu cuma kedustaan, tapi itu tidak benar). Hanya ada satu yang bisa dia lakukan untuk menunjukannya, alasannya dia mencintaiku. Aku sudah mencoba untuk membantunya tapi dia berkata bahwa itu belum cukup untuk mengungkapkan betapa sangat berharganya aku baginya. Aku menjadi sedih sendiri memikirkan dia yang mencoba untuk berpikir keras.
Sehingga pada setiap malamnya aku selalu masuk ke dalam mimpinya dan melihatnya. Tapi dia tidak kuat karena mimpi itu buruk. Dia selalu saja terbangun jika aku lakukan itu dan terjaga sampai paginya. Padahal aku ingin membantunya untuk melihat ke alam sadarnya untuk melihat kenangannya yang hilang. Tapi sepertinya itu sangat sulit daripada yang kuperkirakan.
Lalu, aku mencoba untuk meminta bantuan dari kakak laki-lakiku. Dan dia memberikan aku sebuah cerita yang tidak kuingat dan suamiku juga. Kenangan itu adalah kenangan yang sangat menyentuh hatiku.
Pada ulang tahun suamiku yang ke dua puluh satu tahun, dia pergi ke Alaska untuk melakukan ceck up. Dia harus melakukan itu setiap di hari ulang tahunnya, itu bertujuan untuk melihat kemajuan tentang dia. Dan pada waktu yang kebetulan, aku berada di sana tapi masih dalam keadaan yang kosong. Maksudnya, aku seperti seorang gadis yang baru saja dilahirkan. Aku tidak bisa berbicara dan tidak memiliki kenangan. Tapi aku bisa makan, minum, duduk, dan mendengarkan.
Pada waktu itu, aku duduk di ruangan dimana aku harus diamati dua puluh empat jam. Suamiku melihatku dari luar saat dia hendak melakukan tes lanjutan. Tapi langkahnya berputar dan menghampiriku. Secara ajaib aku langsung bisa mengenalinya dan menyebutkan namanya dengan lancar, serta tersenyum. Kakakku tidak percaya aku bisa lakukan itu dan melihat perkembanganku, dia memutuskan untuk memberikan kami privasi untuk berdua saja. Kakakku tidak tahu apa yang kami lakukan, tapi dia yakin bahwa suamiku sangat terpukul melihat kondisiku. Tapi itu juga sekalian membuatnya merasa senang. Kami bertemu dalam kondisiku yang seperti bayi itu. Dan katanya aku selalu menempel dengannya seperti ada lem di antara kami. Hanya itu yang dikatakan oleh kakakku, dan dia tidak tahu apa-apa setelah itu karena dia memberikan privasi sekali untuk kami berdua.
Setelah itu aku coba bertanya kepada suamiku, tapi dia tidak mengerti apa maksudnya. Itu berarti dia tidak menuliskan laporan tentang kejadian itu.
Ini akan menjadi lebih sulit lagi, tapi aku tidak akan menyerah membantunya untuk mencari alasan mengapa dia mencintaiku-tidak--dia sangat mencintaiku. Sudah banyak waktu kami lewati bersama dan semuanya itu sangat menyenangkan. Jujur, aku sangat bahagia. Terima kasih, suamiku, Calvin Riicon.
Alicia Riicon.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menonton Urutan Danganronpa Anime Series dengan Benar

Halo minna-san tachi… Di sini aku mau bahas anime yang aku tonton baru-baru ini. Sebenarnya memang sudah lama keluar tapi aku mengurungkan niat tidak menonton karena awal dari animenya membingungkan. Tapi, saat menontonnya lagi dengan cara yang benar, akhirnya aku paham alur ceritanya dan menarik perhatianku. Danganronpa 2 the animation, yang diambil dari serial game dan light novel, adalah anime keluaran tahun sekitar 2014. Itu adalah anime season 1 yang entah bagaimana ditulis 2. Aku ingat pertama kali menonton anime ini saat aku masih SMA dan aku langsung suka dengan animenya karena menurutku konflik yang diberikan cukup unik dan menantang. Bagaimana tidak? Kau terkurung di sebuah sekolah dan disuruh untuk membunuh teman-temanmu agar kau bisa lulus? Otak dalang ini emang gila bagi yang merasa kalian normal, namun di sinilah sisi menariknya. Anime ini memberikan kesan misteri yang perlu dipecahkan secara perlahan-lahan. Tidak hanya kasus pembunuhan yang terjadi, namun juga

Terkesan dengan Kata-kata

Yosh... aku mulai sekarang... (pembaca bingung?) well, akhir-akhir ini aku lebih sering nonton film, ngetik, baca, ngetik, dengerin musik sambil ngetik, dan yang paling parah adalah aku selalu ngimpiin hal yang aneh saat aku tidur. tapi apa manfaatnya? jawabnya adalah BANYAK! semuanya jika dikumpulkan jadi satu, um... jadi sebuah cerita yang indah dan tidak pernah ada.... semuanya itu sungguh luar biasa. aku selalu mendapatkan inspirasi dari satu kalimat atau lebih yang terdiri dari kata-kata yang indah. biasanya hal yang berbau romantis atau hal yang tidak pernah kudengar sebelumnya. contoh  : "Aku tahu kamu sudah memiliki seorang pangeran, tapi apakah kamu tidak memerlukan seorang kesatria?" -kutipan dari novel Vampire Diaries The Return: Midnight, Damon Salvatore to Elena Gilbert- katanya sih, dia ngomong gitu karena kisah tentang seorang ratu yang egois mencintai dua orang sekaligus, yaitu rajanya dan kesatrianya. bisa diartikan (jika kalian tahu cerita Vampire Diarie

Daftar Pemenang Festival Film Bandung

Kategori Film Terpuji 1. TANAH SURGA KATANYA 2. HABIBIE & AINUN 3. GENDING SRIWIJAYA 4. 9 SUMMERS 10 AUTUMS 5. 5 CM   ( Winner ) Kategori Pemeran Utama Pria Terpuji 1. Vino G. Bastian dalam MADRE 2. Agus Kuncoro dalam GENDING SRIWIJAYA 3.  Reza Rahadian  dalam HABIBIE & AINUN   ( Winner ) 4. Tio Pakusadewo dalam RAYYA CAHAYA DI ATAS CAHAYA 5. Adipati Dolken dalam SANG MARTIR Kategori Pemeran Utama Wanita Terpuji 1.  Julia Perez  dalam GENDING SRIWIJAYA  ( Winner ) 2.  Bunga Citra Lestari  dalam HABIBIE & AINUN 3. Lana Nitibaskara dalam AMBILKAN BULAN 4.  Acha Septriasa  dalam TEST PACK  ( Winner ) 5. Laura Basuki dalam MADRE 6. Agni Prastistha dalam CINTA TAPI BEDA Kategori Pemeran Pembantu Pria Terpuji 1. Igor Saykoji dalam 5CM 2. Fuad Idris dalam TANAH SURGA KATANYA 3. Alex Komang dalam  9 SUMMERS 10 AUTUMNS  ( Winner ) 4. Mathias Muchus dalam GENDING SRIWIJAYA 5.  Reza Rahadian  dalam PERAHU KERTAS Kategori Pemeran Pembantu Wanita Terpuji